Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Besaran, Satuan, dan Dimensi

Membahas fisika, tidak akan lepas dari yang namanya besaran, satuan, dan dimensi. Ketiga hal ini yang akan jadi fokus dalam berbagai perhitungan fisika.

Walaupun merupakan satu kesatuan, masing-masing memiliki pengertian dan fungsi masing-masing. 

Besaran

Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Misalnya yang paling gampang adalah jarak. Besarnya jarak dapat diukur, dan hasil pengukurannya ditunjukkan dalam bentuk angka. 

Jarak Jakarta - Bandung besarannya 150 untuk satuan km

Satuan

Ketika menulis contoh di atas, ga mungkin dong ditulis jarak Jakarta - Bandung 150. Harus ditambahkan satuan berupa km agar masuk akal. Jika satuan nya meter, maka jaraknya bukan 150 lagi, tapi 150.000 meter.

Satuan penting ditempatkan setelah besaran. Karena satuan adalah suatu ukuran besaran. Jadi besaran yang ditulis dapat dihitung dan dibandingkan dengan besaran yang lain.

Dimensi

Setelah memiliki satuan, besaran juga memiliki Dimensi. Dimensi menunjukkan jenis dari besaran tersebut. Misalkan apakah besaran itu berupa panjang, massa, waktu, atau suhu.

Bedanya dengan satuan, satu dimensi bisa diwakili menggunakan satuan yang bermacam-macam. Misalkan untuk dimensi panjang, satuannya bisa meter, centimeter, kilometer, dan lain sebagainya.

Dimensi berguna untuk menentukan, apakah suatu besaran merupakah besaran pokok, atau besaran turunan.

Besaran Pokok

Berdasarkan asalnya, besaran dibedakan menjadi 2, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Seperti namanya, besaran pokok adalah besaran dasar yang tidak dapat diuraikan lagi. Karena besaran dasar, dimensinya ditentukan sebagai sebuah ketetapan.

Besaran pokok ada 7 macam. Dimensi dan satuannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Besaran Pokok Satuan Dimensi
Panjang meter (m) L
Massa kilogram (kg) M
Waktu sekon (s) T
Suhu kelvin (K) θ
Kuat Arus Listrik Ampere (A) I
Molekul mole (mol) N
Intensitas Cahaya kandela (Cd) J
Dari 7 besaran pokok di atas, pastinya sudah familiar dong dengan beberapa di antaranya.

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan atau dihitung dari besaran pokok. Misalnya kecepatan, dihitung menggunakan rumus jarak / waktu. Disini terlihat ada 2 besaran pokok yang menyusun kecepatan, yaitu jarak (L) dan waktu (T).

Karena dihitung dari besaran pokok, dimensinya pun disusun atau terdiri dari dimensi besaran pokok. Contoh-contohnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.
Besaran Turunan Rumus Satuan Dimensi
Kecepatan (v) jarak / waktu m/s LT-1
Gaya (F) massa x percepatan kg m/s2 = newton MLT-2
Energi Potensial Gravitasi m x g x h kg m2/s2 = joule ML2T-2
Jika dilihat, dimensi dari besaran turunan mirip dengan rumus dari besaran turunan itu sendiri. Nantinya, dengan mengetahui satuan dari besaran turunan, rumus dari besaran tersebut dapat ditentukan menggunakan analisis dimensi.

Posting Komentar untuk "Besaran, Satuan, dan Dimensi"